Pages

Senin, 30 April 2012

Apa sih Fungsi Nyata Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna.



Mungkin bagi sebagian blogger, google analytics hanyalah satu dari sekian banyak kelengkapan untuk “mempercantik blog” mereka. Jujur saja, Google Analytics kebanyakan cuma dipakai untuk menghitung jumlah Pageview dan Unique Visitor saja. Paling jauh dipakai sebagai alat verifikasi blog di layanan Google Webmasters, itu saja. titik !

Menurut saya, sebenarnya ada 3 orang (minimal) yang mempunyai kepentingan atas data yang di catat dan di olah oleh Google Analytics tersebut. Dibawah ini akan saya jelaskan 3 pihak yang berkepentingan tersebut, beberapa penjelasan singkat dan tips yang mungkin akan berguna untuk blog anda.

1. Data Blog

Google Analytics 2 Apa sih Fungsi Nyata Google Analytics 

Selain mengamati tayangan laman dan pengunjung unik, masih banyak angka angka yang bisa kita cermati, mari saya jelaskan satu per satu angka angka tersebut;
  1. Kunjungan: Jumlah orang yang berkunjung ke Blog kita dan atau berkunjung kembali ke blog kita
  2. Pengunjung Unik: Jumlah orang unik yang berkunjung (1 orang dihitung 1x kunjungan walaupun mereka bolak balik mengunjungi blog kita dalam rentang 1 bulan data google analytics)
  3. Tayangan Laman: Total halaman yang dibaca oleh semua kunjungan
  4. Laman/Kunjungan: Dan secara rata rata, menurut data di atas, mereka mengunjungi 2,27 halaman dalam 1x kunjungan
  5. Waktu Rata-Rata di Situs: Lamanya waktu yang dihabiskan oleh rata rata pengunjung saat mengunjungi blog kita
  6. Rasio Pentalan: Mereka yang datang dari Search Engine dan langsung menutup atau mengklik back (kembali) di browser mereka dalam hitungan detik
  7. Kunjungan Baru: Persentase antara pengunjung baru berbanding pengunjung lama yang selalu setia hadir menemani blog anda.
Dari sekian banyak angka singkat yang di tampilkan di sana, ada baiknya beberapa angka tersebut anda terjemahkan dengan hati hati. Ini demi kelangsungan hidup dan mati Blog anda di kemudian hari.

Rasio Pentalan

Rasio Pentalan alias Bouncing Rate mempengaruhi sisi kualitas blog anda, semakin besar angkanya, semakin buruk blog anda. Situs situs besar biasanya memiliki rasio pentalan hanya dikisaran angka 25% saja.

Pentalan, seperti yang telah saya sebutkan di atas adalah saat dimana pengunjung blog anda (dari manapun mereka berasal) menutup/ meng “close ataupun menekan tombol kembali / back tidak lama setelah mereka meloading blog anda.

Faktor yang mempengaruhi mereka melakukan pentalan antara lain: Blog anda terlalu berat, informasi yang mereka cari ternyata salah (bukan yang dimaksud/dicari), Blog anda terlalu ribet dll dll yang pada intinya adalah: Mereka tidak suka blog anda !

Laman/ Kunjungan dan Waktu rata-rata di Situs
Semakin banyak halaman yang di kunjungi oleh 1 orang pengunjung, semakin lama mereka berada di blog anda adalah sesuatu yang menggembirakan, mereka menyukai blog anda.

Tapi secara kebalikan, semakin sedikit waktu yang mereka habiskan, semakin sedikit halaman yang mereka baca hanya mengartikan bahwa informasi yang anda sajikan kurang lengkap untuk mereka bisa berlama lama di blog anda.

Situs situs besar setau saya memiliki rata rata kunjungan 10 halaman per visitor dan waktu rata rata di situs sebanyak 10 menit.

Alur Pengunjung Apa sih Fungsi Nyata Google Analytics

Alur Pengunjung, Gambaran Tentang Interaksi dan Prilaku Pengunjung Saat Berselancar di Blog Anda

Alur Pengunjung 2 Apa sih Fungsi Nyata Google Analytics

Detail Tiap Group Menjelaskan halaman mana yang bertanggung jawab atas besarnya Rasio Pentalan.

Kunjungan Baru

Dari data diatas terbaca 87,60% pengunjung yang tercatat adalah pengunjung baru. Apakah ini sesuatu yang menggembirakan atau tidak ? Tergantung cara anda menterjemahkannya. Kunjungan baru bisa saja anda dapatkan dari mesin pencarian. Tapi seandainya anda telah mengandalkan social network yang anda miliki seperti Facebook Fanpage dan Twitter Follower yang anggotanya sangat banyak untuk menyebarkan artikel blog anda, ini mungkin bisa diterjemahkan bahwa, penggemar atau follower anda yang berjumlah banyak tersebut tidak berandil banyak dalam meningkatkan jumlah visitor blog anda. Bisa jadi target viewer yang anda harapkan tidak tercapai secara sempurna alias salah sasaran. Namun analisa di atas bisa terbalik seandainya anda hanya memiliki jumlah fans dan follower yang sedikit dan Google Analytics mengisyaratkan hanya ada sedikit jumlah pengunjung baru. Kemungkinan besar hal ini merupakan indikasi bahwa SEO anda di mesin pencarian sangatlah buruk, jumlah pengunjung baru yang berasal dari search engine sangatlah sedikit.

2. Google

Seperti yang di isukan oleh banyak orang, Google telah melakukan data mining alias mengambil data yang terdapat di dalam Google Analytics ini untuk kepentingan Search Engine yang mereka jalankan.

Rasio Pentalan yang terlalu tinggi akan digunakan google sebagai indikator bahwa konten/blog yang anda miliki sangat tidak bermutu, dan bisa jadi blog anda cuma berisi konten AGC tanpa informasi apapun, ini menurut prilaku pengunjung, bukan menurut algoritma google. Jadi jangan salahkan google, salahkan pengunjung and.

Jumlah Tayangan laman dan lama waktu rata-rata di situs juga digunakan google untuk menilai struktur navigasi blog dan kualitas tulisan yang anda posting. Secara isi kurang menarik atau buruknya navigasi antar halaman bisa jadi menyebabkan pengunjung tidak betah berlama lama di blog anda dan tidak melanjutkan membaca ke postingan anda yang selanjutnya.

Dampaknya mengerikan, postingan anda akan jatuh bebas dari serp google dan page rank anda kemungkinan akan menghilang. Kemungkinan paling buruk, situs anda akan mendapat penalti deindex dan menghilang dari serp selama lama  lamanya.

Sebagian bahkan dengan paranoidnya memilih untuk menghilangkan script google analytics dengan harapan mereka bisa menyembunyikan sisi gelap blog mereka dari pengamatan google.

3. Advertiser / Broker Iklan PPC (Pay Per Click)

Apa yang pertama kali diminta oleh advertiser saat anda melamar di layanan mereka ? Betul, mereka pasti akan minta screenshoot Google Analytics blog yang anda miliki.

Beberapa advertiser mensyaratkan jumlah pengunjung unik dan tayangan laman tertentu agar bisa bergabung dan mendapatkan dollar maupun rupiah dari iklan yang mereka sebarkan.

Seperti Innity misalnya, saat ini mereka mensyaratkan angka 200.000 tayangan laman perbulan. Adstars mematok angka 150.000 tayangan laman.

Sebenarnya angka ini bukan murni untuk kepentingan mereka, tapi sebenarnya untuk kebaikan kita sendiri.
Apa gunanya bergabung bila jumlah tayangan laman yang kita miliki terlalu kecil. Ujung ujungnya kita sendiri yang kesulitan untuk memenuhi target minimal pembayaran.

Click Through Rate alias CTR adalah presentase yang digunakan advertiser untuk menilai seberapa banyak iklan yang di klik pengunjung berbanding dengan jumlah tayangan laman yang kita mampu penuhi.

Contoh, bila dalam 1000 kunjungan ada 1 klik iklan dari pengunjung, itu berarti nilai CTR anda adalah sekitar 0.1%

Angka aman CTR adalah di kisaran 10%, walau sebenarnya angka ini pun sudah memberikan bayangan kecurigaan dari pihak advertiser. Bayangkan dalam 1000 kunjungan ada 100 klik, sungguh fantastis. Jangan jangan anda klik sendiri iklan anda hehehehe, semoga saja tidak begitu !

Angka realistis CTR adalah sekitar 1 s/d 0.5% saja, artinya  dari 1000 pengunjung ada sekitar 10x klik iklan saja.

Mari kita berhitung, bila minimal Payment Order (PO) adalah Rp.1.000.000,- (syarat innity/google adsense) dan angka harga 1 klik iklan misalnya Rp. 1000,-. Maka dibutuhkan 1000x klik untuk mencapai target PO.
Bila CTR yang kita miliki di kisaran realistis 1%, Itu berarti anda harus memiliki 1000 x 100/1 = 100.000 tayangan laman per bulan.

Wajar bukan kalau seandainya mereka mensyaratkan minimal tayangan laman di angka 150 – 200 ribu per bulan ? Tentu anda juga ingin bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya, bukan setiap tahunnya saja.

Sebagai Catatan: Beberapa advertiser / broker iklan lokal mensyaratkan hanya 1x per pengunjung, ini artinya bila setiap pengunjung tersebut melakukan klik iklan lebih dari 1x, maka system advertiser/broker iklan hanya akan menghitung klik yang pertama saja. Ini berarti bahwa anda harus memperbesar angka Kunjungan Baru sebanyak yang anda bisa.

Tips Mengoptimalkan Angka Angka Google Analytics

  1. Kunjungan dan Pengunjung Unik: Cobalah untuk membangun sebuah halaman Facebook Fanpage dan Akun Twitter. Jangan lupa sebarkan artikel anda di dua tempat tersebut, dan bantu juga penyebarannya di situs Social Bookmark seperti lintas me dan infogue, dan jangan lupa juga untuk menyebarkannya di Forum Forum Online, Portal Berita semisal ureports vivanews, kompasiana dan blogdetik.
  2. Khusus untuk Facebook Fanpage, anda bisa bergabung dengan group Facebook yang sudah punya banyak member dan coba sebarkan artikel/fanpage anda di sana.
  3. Khusus untuk Twitter, anda bisa melakukan follow terlebih dahulu, sebab biasanya dengan aksi ini, mereka akan melakukan follow back ke akun twitter anda.
  4. Tayangan Laman: Perbanyak jumlah konten/artikel/postingan di blog anda untuk memperkaya keywords, semakin kaya perbendaharaan keywords yang anda miliki, semakin besar kemungkinan blog anda dikunjungi melalui search engine atau mesin pencarian.
  5. Malas bikin postingan terlalu banyak untuk memperkaya keywords ? Mungkin ada baiknya anda melakukan riset keywords populer dan mengoptimisasinya sehingga artikel anda bisa mendapat tempat yang layak di sisi Google, amiin.
  6. Laman/Kunjungan: Perbaiki sistem navigasi di blog anda, tambahkan plugin/widget/script artikel terkait untuk memancing pengunjung membaca artikel yang mungkin sama menariknya dengan artikel yang telah dia baca.
  7. Usahakan tiap artikel/halaman yang ada di blog anda bisa di akses tidak lebih dari 3 klik dari halaman utama/ homepage
  8. Waktu rata-rata di situs: Selain dengan cara memperbaiki sistem navigasi yang telah saya sebutkan diatas, mungkin anda bisa lengkapi setiap artikel yang anda tulis dengan detail detail yang, mungkin saja diinginkan oleh pembaca anda. Ingat, google quality guidelines juga mensyaratkan agar anda jangan terlalu terburu buru dalam menulis artikel, dan diharapkan telah melakukan riset mendalam saat menulis dan memberikan berita berimbang di kedua sisi subyek maupun obyek yang di tulis.
  9. Rasio Pentalan: Saat anda melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada point ‘waktu rata-rata di situs’ otomatis anda akan mengurangi angka Rasio Pentalan yang mungkin terjadi di blog anda. Cermati juga speed dan loading Blog anda yang bisa jadi terlalu berat untuk dibuka. Kurangi widget/plugin yang tidak berguna dan silahkan ukur/analisa dan perbaiki kecepatan blog anda menurut saran yang diberikan oleh situs http://gtmetrix.com/ atau situs http://pagespeed.googlelabs.com/
  10. Kunjungan Baru: Jadikan mereka sebagai penggemar setia blog anda, tambahkan tombol Facebook Fanpage dan Twitter Follower atau bahkan Subscribe by mail/ membership di blog anda. Anda mungkin mengharapkan angka kunjungan baru sebesar besarnya dalam menghadapi advertiser yang menganut kebijakan 1 klik per IP Address, tapi saya yakin anda juga mengharapkan mereka selalu setia untuk mengunjungi blog anda secara berkala.